Mobil Taruna Terbang Tabrak Warung Pangsit Hingga Harga Vaksinasi Covid

Mobil Taruna Terbang Tabrak Warung Pangsit Hingga Harga Vaksinasi Covid

Rencananya, impor vaksin Sinopharm dan Moderna akan dilakukan oleh anak perusahaan Holding BUMN Farmasi, yakni PT Kimia Farma Tbk. Iwan menambahkan, untuk penggunaan vaksin sendiri masih menunggu izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang diperkirakan akan rampung pada Januari nanti. Terpisah, Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac tengah diuji coba.

Sekedar informasi, saat ini pemerintah tengah merampungkan kebijakan program vaksinasi mandiri. Kemungkinan akan diselesaikan oleh Pemerintah pada pekan ketiga Februari 2021. Namun, Rosan tidak bisa memastikan kapan regulasi terkait impor vaksin Covid-19 oleh swasta bisa selesai. Menurutnya, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri atau gotong royong tersebut.

Shinta menyebutkan sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Bio Farma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin mengenai sistem distribusi dan harga jual vaksin. Kadin mengusulkan sejumlah perusahaan swasta di sektor farmasi yang memiliki infrastruktur untuk mendistribusikan vaksin. Ketika dikonfirmasi Lokadata.id mengenai harga yang ditetapkan pada vaksin gotong-royong ini, Shinta mengatakan,”Belum ada harga yang ditetapkan masih menunggu jenis vaksin yang pemerintah siap,” kata dia. “Kami sudah sampaikan antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta untuk dua kali penyuntikan,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin, Shinta Widjaja Kamdani, dikutip dari Antara, Rabu (3/3). Jumlah tersebut untuk pembiayaan dua dosis vaksin dan juga seperangkat alat kesehatan sekali pakai yang dipakai dalam vaksinasi.

Pekerja di perusahaan yang sudah siap membeli vaksin gotong royong di NTB sudah mulai mendaftar di KADIN dan juga langsung ke pemerintah pusat. MATARAM – Kondisi keuangan negara yang tidak memungkinkan untuk membiaya vaksin free of charge bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena itu, pemerintah pusat mendorong pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia NTB untuk melakukan vaksin mandiri bagi pekerja mereka. Untuk menghindari penyimpangan dalam pengadaan vaksin gotong royong, pemerintah telah berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi . Dari konsultasi itu, kata Siti, pengadaan vaksin impor akan dilakukan satu pintu yakni melalui Bio Farma.

Harga vaksin yang dicantumkan juga bukan merupakan informasi resmi, karena sampai dengan hari ini program vaksinasi COVID-19 yang berjalan adalah program vaksinasi dari pemerintah yang diberikan secara gratis. Lumajang (WartaBromo.com) – Kementerian telah menetapkan harga tertinggi untuk perusahaan yang mau melakukan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Harga ini khusus untuk vaksin jenis Sinopharm dengan pembelian melalui Bio Farma. Untuk vaksin gotong royong secara mandiri ini dipastikan tidak akan membebani pekerja, termasuk tidak akan memotong gaji karyawan di setiap perusahaan.

Harga vaksin mandiri

Dalam siaran pers itu dinyatakan layanan vaksin Covid-19 RS Pelni tersebut adalah benar dikeluarkan oleh RS Pelni pada 2 Februari 2021. Namun, sesuai dengan Peraturan Presiden terkait pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19, IHC dan grup rumah sakit dibawahnya termasuk RS Pelni tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin Covid-19. Regulasi yang sama sekaligus mengatur bahwa pengadaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi gotong royong dilakukan oleh Kementerian BUMN melalui PT Bio Farma. Permenkes tersebut mengatur bahwa vaksinasi gotong royong harus memakai vaksin berbeda dari vaksin Covid-19 di program pemerintah. Adapun vaksinasi pemerintah yang digelar gratis memakai vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer.

Shinta menjelaskan vaksinasi mandiri berbeda dengan program vaksin free of charge dari pemerintah. Dalam unggahan yang beredar, pengunggah menambahkan narasi bahwa harga tersebut adalah harga vaksin mandiri yang akan berlaku beberapa bulan ke depan. Sinopharm akan digunakan dalam program vaksinasi mandiri yang ditujukan bagi pegawai swasta. TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto menyebut Menteri Kesehatan akan segera menetapkan harga vaksin gotong-royong atau yang lebih sering disebut vaksin mandiri. Tidak dijelaskan apakah harga vaksinasi gotong royong yang ditetapkan itu terlalu mahal atau pas di kantong pengusaha.

Comments are closed.