Menakar Upaya Pemerintah Hadirkan Vaksin Yang Aman Dan Efektif

Menakar Upaya Pemerintah Hadirkan Vaksin Yang Aman Dan Efektif

Ia mengungkapkan bahwa setelah disuntik vaksin di lengan kirinya, ia tidak merasakan efek apa-apa pada tubuhnya. Tubuhnya tidak merasakan sesuatu yang tidak lazim dari biasanya dan ia tetap merasa fit setelah divaksin. CDC mengatakan efek samping umum dari vaksin virus corona Covid-19, termasuk rasa sakit dan bengkak di tempat suntikan. Untuk diketahui, program Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong untuk Pekerja yang digelar perdana hari ini menggunakan vaksin Sinopharm yang berbeda dengan vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi massal pemerintah. Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan knowledge diri ke email

Dalam kesempatan tersebut, Iskandar mengimbau kepada seluruh karyawan SPH agar dapat mengikuti vaksin COVID-19 jika telah mendapat jadwal. Ia juga mengingatkan bahwa SPH merupakan bagian dari nakes, sehingga dapat menjadi contoh dan memberikan edukasi pada masyarakat jika dilakukan secara efektif dan sebaik-baiknya. Jika telah nampak hasil yang bagus dari nakes, lanjutnya, ia yakin nanti masyarakat tak perlu merasa takut atau ragu untuk mendapat suntik vaksin COVID-19. Ia berharap agar nakes atau masyarakat yang telah dijadwalkan untuk mendapat vaksin dapat memiliki untuk berkontribusi. Menurutnya tak perlu merasa ragu dan cemas terhadap vaksin COVID-19 karena hal itu dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dalam melawan virus tersebut.

Selain itu, gudang penyimpanan vaksin telah disiapkan agar dapat menampung 1,2 juta vaksin Sinovac dari China dengan manajemen rantai dingin yang sesuai prosedur. Sebagian masyarakat masih ada yang beranggapan bahwa vaksin tidak penting karena dengan sanitasi yang cukup, kuman-kuman, termasuk bakteri dan virus, sudah dapat dilumpuhkan. Konsekuensinya, dari sisi anggaran Presiden meminta Kementerian Keuangan memprioritaskan anggaran untuk menyiapkan vaksinasi sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin. Salah satu penolakan terhadap vaksinasi berkisar pada ketakutan terhadap bahan-bahan yang terdapat dalam vaksin.

Vaksin dapat menangani Covid

Di sisi lain, untuk vaksin COVID-19 hanya dua daerah di Sumbar yang diprioritaskan mendapatkan vaksin COVID-19 pada tahap awal ini, yakni Padang dan Pesisir Selatan. Ia menjelaskan bahwa hal itu ditentukan oleh tingginya angka pasien terkonfirmasi di suatu daerah, sehingga untuk di Sumbar baru dua daerah itu saja yang didahulukan. Kami juga siap untuk melakukan vaksinasi pada seluruh nakes kami dan mempromosikannya kepada masyarakat. Semoga dengan adanya vaksin ini, kita dapat jadi lebih siap dalam menangani COVID-19,” katanya.

Kepada Lokadata.id, Kepala Pusat Ekonomi Makro dan Keuangan Institute for Developments of Economics and Finance , Rizal Taufikurrahman menyatakan, vaksin Covid-19 paling tidak akan meningkatkan keyakinan warga untuk menjalani aktivitas ekonomi. Namun, secara khusus belum tentu langsung memulihkan tingkat konsumsi masyarakat. Dari sisi upaya menekan angka reproduksi kasus, menurut Dicky, bisa dicapai jika strategi 3T serta protokol kesehatan sudah maksimal. Kata Neni, pemerintah dan BUMN tengah berjuang dalam menghadirkan vaksin, baik membangun vaksin mandiri untuk jangka panjang maupun kerja sama pengadaan vaksin dengan negara atau perusahaan luar untuk jangka pendek.

Comments are closed.